by

Perayaan Waisak di Lembar Hening, Bentuk Toleransi Luar Biasa Antar Umat Beragama

LEMBAR – Penyelenggaraan Hari Raya Trisuci Waisak 2565 BE di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat pada hari Rabu (26/5/2021) sore berjalan dengan aman dan kondusif.

Kapolsek Lembar Iptu Boy Ari Purnomo, S.H., memantau langsung pengamanan kegiatan ibadah menerangkan pengamanan dipusatkan di Lima titik yang ada pada di Dua Desa di Kecamatan Lembar.

“Lima Lokasi ibadah yang terdapat di Kecamatan Lembar ini, diantaranya Vihara Tendaun Giri Sena Desa Mareje Timur, Vihara Avalokitesvara, Vihara Giri Meta, Vihara Wirya Darma dan Vihara Buddha Manggala di Desa Mareje,” ungkapnya.

Kaplsek menegasakan, pengamanan yang dilakukan jajarannya merupakan langkah pencegahan, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan Ibadah.

“Selama berlangsungnya Ibadah, berlangsung dalam suasana yang hening dan khidmat dan Alhamdulillah sampai saat ini situasi masih dalam keadaan kondusif, berkat toleransi yang telah terjalin bertahun-tahun,” lanjutnya.

Namun demikian, pengamanan tetap diperketat, dengan tetap berkoordinasi dengan semua pihak di Kecamatan Lembar, termasuk para tokoh sehingga situasi kondusif tetap terjaga.

“Hubungan yang baik ini terjalin berkat dukungan para Tokoh antar Umat beragama, yang selalu menjalin komunikasi yang baik selama ini” lanjutnya.

Boy mengakui, Toleransi di Desa Mareje dan Desa Mareje Timur sangat tinggi dan sudah terjalin selama bertahun – tahun dan tidak pernah ada terjadi konflik dan ini patut diapresiasi.

“Ini patut diapresiasi, dan diharapkan Komunikasi tetap dibangun, agar hubungan ini dapat dipedomani oleh genarsi berukutnya, kususnya di Kecamatan Lembar,” pungkasnya.

Dalam pengawasan, Kapolsek menghimbau untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan baik sebelum beribadah maupun setelah ibadah selesai.

“Terus kami ingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan dan pihak penyelenggara, kami tinjau telah menyiapkan sarana seperti tempat mencuci tangan dan masyarakat patuh menggunakan masker selama ibadah berlangsung,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed