by

Polisi Berhasil Ungkap Pencurian Empat Ekor Sapi di Lembar, Sapi Disembunyikan Diatas Bukit

-Hukrim-11 views

Lombok Barat, NTB – Personel Gabungan Polsek Lembar yang diback up oleh Tim Puma Sat Reskrim Polres Lombok Barat, berhasil mengungkap terduga pelaku pencurian empat ekor sapi yang terjadi di Wilayah Lembar, Kamis (6/1/2022).

Sapi dua warga setempat diketahui hilang dicuri di dalam kandang di Dsn. Kebon talo Ds. Labuan tereng Kec. Lembar Kab. Lobar, Rabu (5/1/2022).

Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kapolsek Lembar Ipda I Ketut Suriarta, S.H., M.I.Kom membenarkan atas pengungkapan ini, Kamis (13/1/2022).

“Kasus pencurian  ternak sapi ini terungkap, setelah melakukan pengejaran oleh Jajaran Polsek Lembar yang diback up Sat Reskrim Polres Lobar, serta dibantu warga,” ungkapnya.

Saat ini, Polisi telah mengamankan dua tersangka, masing-masing berinisial SH (31) dan JU (52), warga Desa Sekotong Timur Kec. Lembar Kab. Lobar.

“Awalnya sekitar pukul 17.00 wita, korban mengikat sapi miliknya dan milik salah satu warga lainnya sebanyak 4 ekor, dihalaman rumah korban, Selasa (4/1/2022), dalam keadaan tertutup dan dikelilingi dengan tembok,” ungkapnya.

Walaupun dalam keadaan tertitup dan dikelilingi tembok, namun ada pintu kecil dengan mengunakan penutup kayu, mengarah kekebun dan perbukitan.

“Sekitar pukul 02.00 wita, Rabu (5/1/2022) sapi tersebut masih berada di dalam kandang dan pintu masih dalam keadaan tertutup,” imbuhnya.

Namun, sekitar pukul 03.30 wita korban bangun dan menemukan pintu tempat sapi telah terbuka dan sapi sebanyak 4 ekor yang berada di dalam kandang telah hilang.

Adapun dari ke 4 ekor sapi tersebut 3 ekor milik korban dan 1 betina milik warga lainnya, dengan kerugian korban waktu kejadian diperkirakan kurang lebih Rp. 50 juta.

“Atas peristiwa tersebut, kemudian dari Polsek Lembar segera melakukan penyelidikan, dan mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya jejak kaki sapi di atas bukit bunbeleng,” katanya.

Bukit bunbeleng ini, terletak di Desa Sekotong Timur, dan jejak sapi tersebut mengarah ke bukit Dsn. Aiq mual, Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar.

Atas informasi tersebut, Kapolsek Lembar langsung bergegas memimpin pengejaran sapi bersama personil dan beberapa warga masyarakat Dsn. Kebon Talo.

“Kami menyisir bukit Dsn. Bunbeleng menuju bukit Dsn. Aik Mual dan setelah melaksanakan penyisiran perbukitan ditemukan 4 ekor sapi di semak jurang bukit Dsn. Aik mual Ds. Sekotong timur,” pungkasnya.

Keempat ekor sapi tersebut ditemukan dalam posisi terikat dan setelah menemukan barang bukti 4 ekor sapi personil menuju pondok di dalam bukit.

“Pondok yang diduga sebagai tempat pelaku bersembunyi dan menemukan orang yang diduga sebagai pelaku inisial SH, Warga dusun Menomang,sedangkan pemilik pondok berinisial JU, warga Dusun Aik Mual, keduanya merupakan Warga Desa SekotongTimur, kecamatan Lembar, Lombok Barat,” bebernya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya 3 Ekor Sapi betina, 1 Ekor pejantan, 2 Unit sepeda motor.

“Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolres Polres Lobar, untuk proses lebih lanjut,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.