by

Banjir di Dusun Pelepok Gerung, Rendan Halaman Rumah Warga dan Persawahan

Lombok Barat, NTB – Tingginya curah hujan, menyebabkan kelebihan debit air di beberapa sungai yang ada di wilayah Kecamatan Gerung hingga meluap ke persawahan dan ke halaman pemukiman warga, Senin (21/2/2022).

Terhadap perkembangan situasi terakhir, Kapolsek Gerung AKP Syaripuddin Zohri, memantau sekaligus pengecekan volume Debit Air dan Pohon tumbang di Wilayahnya.

“Tingginya curah hujan di beberapa Desa maupun Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Gerung Lombok Barat,” ungkapnya.

Dengan tingginya curah hujan menyebabkan kelebihan debit air di beberapa sungai yang ada di wilayah Kecamatan Gerung.

“Hingga meluap dan masuk ke persawahan dan masuk ke halaman pemukiman warga khususnya Dusun Pelepok Desa Mesanggok,” ucapnya.

Ini disebabkan masih tertutupnya pintu air yang ada di Dusun Kebon Jurang, hingga saat ini air masih mengenangi rumah warga dan meluap sampai ke jalan Dusun Pelepok.

“Mengingat lokasi rumah warga berada lebih rendah dari bantaran sungai, sehingga air meluap ke halaman rumah warga tergenang air dan persawahan juga,” katanya.

Hal ini juga disebabkan karena masih tertutup atau mampet nya saluran atau got pembuangan air dengan sistem drainase yang kurang memadai, sehingga air meluap.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolsek gerung bersama anggota dan Kadus Pelepok Sarlan, memberikan himbauan kepada warga untuk tetap waspada.

“Mengantisipasi air kiriman serta hujan susulan , dan menghimbau warga untuk tidak membuang sampah di sungai secara sembarangan,” tandasnya.

Dari hasil pemantauan terkahir, debit air masih cukup signifikan, namun telah berangsur-angsur normal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.