by

Dinas Perkim Lobar Bertindak, Cegah Pohon Tumbang Susulan di Lembar

Lombok Barat, NTB – Pasca peristiwa pohon tumbang di Lembar, Dinas Perumahan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Lombok Barat melakukan kegiatan penebangan pohon, Jumat (30/9/2022).

Untuk memastikan keamanannya, Polsek Lembar mengerahkan personelnya guna melakukan pengamanan dalam kegiatan ini.

Kapolsek Lembar Ipda I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom mengatakan langkah ini merupakan upaya mengantisipasi adanya pohon tumbang susulan.

“Mencegah terjadinya pohon tumbang susulan, akibat perubahan cuaca yang bertempat di jalan utama Lembar – Sekotong. Tepatnya di sekitar rumah makan merah putih Dusun Nyiur Lembang, Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Cegah Pohon Tumbang Susulan di Lembar, Dinas Perkim Lobar Lakukan PemangkasanMenurutnya, langkah dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat ini sebagai tindak lanjut adanya pohon tumbang yang telah terjadi. Serta bertujuan untuk meminimalisir perubahan cuaca musim penghujan yang di sertai angin.

“Sehingga menyebabkan pohon tumbang dan gangguan jaringan listrik akibat sentuhan ranting pohon khususnya di jalan utama Lembar Sekotong. Yang banyak terdapat pohon – pohon besar dan lapuk di pinggir jalan, sehingga dapat membahayakan pengguna jalan yang melintas,” katanya.

Kapolsek juga menjelaskan bahwa, karena berlokasi di jalan raya yang cukup padat, maka memerlukan langkah-langkah antisipasi, untuk keselamatan. Terutama bagi pengguna jalan yang melintas di jalur ini.

“Untuk penebangan pohon kali ini pohon, hanya satu jenis pohon Ketapang saja. Mengingat cuaca dan untuk penebangan lanjutan Dinas Perkim akan menjadwalkannya Kembali,” imbuhnya.

Rencananya, untuk kegiatan lanjutan ini Dinas Perkim akan bersurat baik ke Desa, Polres Lobar dan Polsek Lembar.

“Secara keseluruhan kegiatan penebangan pohon berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Camat Lembar Agus Sutrisman, S. Si,. M. Kes., anggota Dinas Perkim Kab. Lobar, Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) Lombok Barat.

Juga Bhabinkamtibmas Desa Jembatan Gantung, Bhabinkamtibmas Desa Labuan Tereng, serta Anggota jaga Polsek Lembar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.