Berikan Pemahaman Kegunaan Tongkat Pramuka, Babinsa Suranadi Ajarkan Anggota SDN 1 Suranadi Berbagai macam Teknik

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Suranadi latih siswa siswi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Suranadi dalam memahami kegunaan tongkat pramuka di Halaman SDN 1 Suranadi, Dusun Suranadi Utara, Desa Suranadi, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Minggu (19/2/2023).

Dalam laporannya Babinsa Suranadi Koptu Zul Adha mengungkapkan, “kegiatan parmuka yang di laksanakan oleh siswa-siswi SDN 1 Suranadi ini sebagai sarana untuk mempersiapkan generasi muda yang tangguh mandiri yang tidak bergantung pada orang lain dan berjiwa kesatria yang siap menyongsong masa depan yang lebih baik,” ungkapnya.

“dengan memahami kegunaan tongkat pramuka yang merupakan kawan bagi setiap Pramuka di dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tugas, berkemah, perjalanan,” tegasnya.

Ia menambahkan, “Kegunaan tongkat pramuka diantaranya adalah Sebagai tiang tenda / tenda darurat seperti bivak, tiang bendera, tempat sepatu, alat penghalau hewan liar misalnya untuk anjing galak saat hiking, Untuk menyebrang selokan yang di gunakan untuk mengukur ke dalaman bisa di gunakan di sungai atau tempat yang membutuhkan di cek kedalamannya, Sebagai tiang jemuran, Untuk membuat tandu bisa untuk dragbar, Untuk membuat jembatan kecil, memadamkan api, membantu mengukur jarak dan tinggi, Sebagai kawan di waktu mendaki, Sebagai alat-alat berpegangan di waktu malam hari, agar tidak mudah tersesat atau tergelincir karena ada halang rintang di depan, sebagai tempat duduk dengan merangkai untuk kursi darurat, Untuk kelengkapan baris berbari, Untuk alat bela diri, dan masih banyak yang lain kegunaannya,” tambah Koptu Zul.

“Karena banyak sekali manfaat dari tongkat Pramuka, Maka rawatlah tongkatmu dengan sebaik mungkin. Seolah-olah saudaramu sendiri,” pesanya kepada anggota pramuka yang di bimbingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *