Bali NusraBeritaBerita NTBLobarLombok BaratNTBNTB One TerkiniSinergitas Pemda TNI POLRITerkini

Kodim 1606/Mataram dan Pemda Lobar Bersatu dalam Karya Bhakti Bersihkan Saluran Air: Mengatasi Ancaman Banjir di Jalan Raya Sekotong

×

Kodim 1606/Mataram dan Pemda Lobar Bersatu dalam Karya Bhakti Bersihkan Saluran Air: Mengatasi Ancaman Banjir di Jalan Raya Sekotong

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Lembar, dan Anggota Kepolisian Resor (Polres) Lobar laksanakan Karya Bhakti TNI dengan membersihkan saluran air/irigasi di Jalan Raya Sekotong, Desa Eyat Mayang, Kecamatan Lembar, Lobar, Kamis (7/12/2023).

Dalam sambutannya, Asisten III Lobar M. Hendrayadi, juga menyampaikan terima kasih kepada TNI AD, khususnya Kodim 1606/Mataram, atas inisiatif dalam membantu dan memperhatikan kesulitan masyarakat di wilayah Lobar. “Mewakili Ibu Bupati Lobar, Hj. Sumiatun. Kepada semua peserta karya bhakti, diucapkan selamat bekerja dan utamakan keselamatan dalam bekerja.” ucapnya.

Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menyampaikan, “terima kasih atas dukungan semua pihak yang turut mendukung Karya Bhakti ini. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap seringnya terjadi luapan air saat musim hujan tiba di jalan raya sekotong ini yang menyebabkan kemacetan. Untuk itu, kami berupaya mencari solusi dengan membersihkan selokan yang tersumbat oleh sampah dan material kiriman,” Pungkasnya.

“Penggalian dan pengangkatan endapan lumpur/pasir dilanjutkan dengan menggunakan alat berat dari Kodim 1606/Mataram dan PT. Bunga Raya. Ini di lakukan guna melebarkan saluran irigasi agar dapat menampung debit air saat hujan, ini juga menjadi wujud kepedulian kami dalam mengatasi kesulitan masyarakat sekitar, yang disebabkan oleh pendangkalan aliran air dan kurangnya kesadaran yang masih membuang sampah di aliran air,” Tambahnya.

Camat Lembar, Agus Sutrisman berharap adanya regulasi atau peraturan desa yang dapat mencegah warga membuang sampah sembarangan. “Kedepannya kami beraharap setiap desa di wilayah Kecamatan Lembar dapat membuat sebuah aturan/awig-awig tentang larangan membuang sampah ke saluran air seperti kali, sungai, dan gorong-gorong sehingga dapat menghindari terjadinya banjir dan luapan air di masa mendatang.” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *