Berita

Meriah! Pawai Takbir Keliling di Lombok Barat, Sinergi Polisi dan Masyarakat Sukses Jaga Kondusivitas

×

Meriah! Pawai Takbir Keliling di Lombok Barat, Sinergi Polisi dan Masyarakat Sukses Jaga Kondusivitas

Share this article
Pengamanan Ketat Pawai Takbiran Keliling di Lombok Barat Berlangsung Aman dan Kondusif
Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Polres Lombok Barat, melalui Polsek Lembar, berhasil mengamankan jalannya Pawai Takbiran Keliling di Dusun Puyahan, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat pada Minggu malam, 16 Juni 2024. Kegiatan yang berlangsung meriah ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan masyarakat setempat.

Kapolsek Lembar, Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H., memimpin langsung pengamanan kegiatan tersebut. Beliau mengungkapkan, “Kami menerjunkan personel gabungan dari Polsek Lembar untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pawai Takbiran Keliling ini. Alhamdulillah, acara berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif.”

Rute Pawai dan Antusiasme Masyarakat

Pawai Takbiran Keliling dimulai pukul 20.15 WITA dari Lapangan Puyahan dan menyusuri jalan-jalan dusun setempat. Sebanyak 7 kafilah dari 5 RT berpartisipasi dalam acara ini, masing-masing kafilah terdiri dari sekitar 30 orang.

Kemeriahan pawai terlihat dari antusiasme masyarakat yang turut serta dalam arak-arakan sambil melantunkan takbir dan membawa berbagai atribut, seperti lampu penerangan, replika masjid, dan banner identitas kafilah.

Polisi dan Masyarakat Bersinergi Jaga Keamanan

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, menambahkan, “Keberhasilan pengamanan ini tidak lepas dari sinergi yang baik antara aparat kepolisian dan masyarakat. Kami mengapresiasi partisipasi aktif warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung.”

Ipda Joko Rudiantoro juga menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat, “Mari kita jaga bersama situasi yang kondusif ini. Tetap waspada dan laporkan segera kepada pihak berwajib jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.”

Pawai Takbiran: Tradisi Keagamaan yang Melekat

Pawai Takbiran Keliling merupakan tradisi keagamaan yang telah mengakar kuat di masyarakat Lombok Barat. Kegiatan ini menjadi momen penting untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga dan meningkatkan semangat kebersamaan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Dengan keberhasilan pengamanan tahun ini, diharapkan Pawai Takbiran Keliling di Lombok Barat dapat terus dilaksanakan dengan aman dan meriah di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *