Berita

Semarak Idul Adha 1445 H: Labuapi Lombok Barat Gelar Pawai Takbir Meriah, Keamanan Terjamin

×

Semarak Idul Adha 1445 H: Labuapi Lombok Barat Gelar Pawai Takbir Meriah, Keamanan Terjamin

Share this article
Labuapi Bersukacita Sambut Idul Adha

Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Semarak Idul Adha 1445 Hijriah terasa begitu meriah di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Masyarakat dari berbagai desa tumpah ruah mengikuti pawai takbir keliling yang digelar pada Minggu malam, 16 Juni 2024.

Iptu I Made Dwi Putrayasa, S.H., Kapolsek Labuapi, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menjelaskan bahwa pawai takbir ini merupakan tradisi tahunan yang selalu dinantikan warga untuk menyambut hari raya kurban. “Pawai takbir ini menjadi momen penting bagi masyarakat untuk mengekspresikan kegembiraan dan rasa syukur menyambut Idul Adha,” ujarnya.

Antusiasme Warga di Berbagai Desa

Pawai takbir keliling ini diikuti oleh beberapa desa di Kecamatan Labuapi, antara lain Desa Bagik Polak dan Bagik Polak Barat. Masing-masing desa menampilkan kafilah dengan ciri khasnya sendiri, menambah semarak suasana malam takbiran.

Di Desa Bagik Polak, kafilah dari Dusun Karang Kebon memulai pawai dari Kantor Desa Bagik Polak menuju perbatasan Desa Labuapi, lalu kembali ke Masjid Nurul Huda. Diperkirakan sekitar 100 orang turut serta dalam kafilah ini.

Sementara itu, di Desa Bagik Polak Barat, kafilah dari Dusun Jerneng berjalan dari Masjid Assasul Hikmah menuju Kantor Desa sementara, kemudian kembali ke masjid. Sekitar 50 orang berpartisipasi dalam pawai ini.

Pengamanan Ketat dari Aparat Kepolisian

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan pawai takbir, Polsek Labuapi menerjunkan personel Bhabinkamtibmas dan SPKT III. Iptu I Made Dwi Putrayasa, S.H. memimpin langsung pengamanan tersebut.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pawai takbir berlangsung. Secara umum, semuanya berjalan lancar, tertib, dan aman,” ungkap Iptu I Made Dwi Putrayasa.

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, Polda NTB, menambahkan bahwa pawai takbir keliling ini merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan dan toleransi antarumat beragama di Lombok Barat. “Kami berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antarwarga dan menciptakan suasana yang harmonis di masyarakat,” ujarnya.

Pawai Takbir Berakhir dengan Sukses

Kegiatan Pawai takbir keliling di Kecamatan Labuapi berakhir sekitar pukul 20.50 WITA. Meskipun berlangsung hingga malam hari, antusiasme warga tidak surut. Mereka tetap semangat melantunkan takbir, tahmid, dan tahlil, mengagungkan asma Allah SWT.

Kesuksesan pawai takbir ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh warga Kecamatan Labuapi. Semoga semangat Idul Adha yang penuh dengan nilai-nilai pengorbanan dan keikhlasan dapat terus terjaga di tengah-tengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *