Berita

TNI-Polri Basmi Sarang Nyamuk di Lombok Barat, Sinergi Posyandu Tekan DBD

×

TNI-Polri Basmi Sarang Nyamuk di Lombok Barat, Sinergi Posyandu Tekan DBD

Share this article
Sinergi TNI-Polri Sukseskan Pemberantasan Sarang Nyamuk di Lombok Barat
Lombok Barat, NTB – TNI-Polri bersinergi dalam rangka memberantas sarang nyamuk demam berdarah di Perumahan Pondok Indah, Kelurahan Gerung Selatan, pada Kamis (20/6/2024).
Kapolsek Gerung, AKP I Kadek Sumerta, SH., mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang digalakkan pemerintah untuk menekan angka kasus demam berdarah di wilayah tersebut.

Posyandu dan PSN: Dua Program Kesehatan Bersinergi

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WITA ini melibatkan Bhabinkamtibmas Kelurahan Gerung Selatan, Babinsa Kelurahan Gerung Selatan, petugas Nakes Puskesmas Gerung, serta kader Posyandu Perumahan Pondok Indah. Tidak hanya fokus pada pemberantasan sarang nyamuk, kegiatan ini juga diintegrasikan dengan kegiatan Posyandu, menunjukkan komitmen aparat dalam menjaga kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

AKP I Kadek Sumerta menjelaskan bahwa ingin memastikan kesehatan masyarakat terjaga dari berbagai aspek. “PSN dan Posyandu adalah dua program yang saling melengkapi, dan sinergi TNI-Polri menjadi kunci suksesnya pelaksanaan kedua program ini,” ungkapnya.

Upaya Konkret Pemberantasan Sarang Nyamuk

Dalam kegiatan PSN, petugas gabungan melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di rumah-rumah warga, pembersihan lingkungan, serta memberikan edukasi mengenai cara-cara mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, vektor utama penularan demam berdarah.

“Pemberantasan sarang nyamuk harus dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah demam berdarah,” ujar AKP I Kadek Sumerta.

Dampak Positif Sinergi TNI-Polri

Selain berhasil melaksanakan PSN dan Posyandu, kegiatan ini juga memberikan dampak positif lain. Kehadiran aparat TNI-Polri memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta petugas kesehatan yang terlibat.

“Kami sangat mengapresiasi kehadiran Bapak-bapak TNI dan Polri. Kegiatan ini membuat kami merasa lebih aman dan terlindungi,” ungkap salah seorang kader Posyandu.

Komitmen Berkelanjutan untuk Masyarakat Sehat

Sinergi TNI-Polri dalam kegiatan PSN dan Posyandu ini merupakan bukti nyata komitmen aparat dalam menjaga kesehatan masyarakat. AKP I Kadek Sumerta menegaskan, “Kami akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit.”

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk dan peningkatan kesehatan masyarakat. Sinergi TNI-Polri, dukungan tenaga kesehatan, serta partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci sukses dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *