Patroli

KRYD Gencar, Polsek Lembar Jaga Kamtibmas di Teluk Waru, Lombok Barat

×

KRYD Gencar, Polsek Lembar Jaga Kamtibmas di Teluk Waru, Lombok Barat

Share this article
Polsek Lembar Perketat Keamanan Wilayah, Patroli KRYD Sasar Antisipasi 3C dan Kejahatan Lainnya

Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Polsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, terus memperkuat komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukumnya, melalui Patroli KRYD. Pada Sabtu, 22 Juni 2024, Polsek Lembar menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan fokus pada antisipasi kejahatan 3C (Curat, Curas, Curanmor) dan tindak kejahatan lainnya.

Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H., Kapolsek Lembar, memimpin langsung pelaksanaan patroli KRYD yang dimulai pukul 11.30 WITA. Patroli ini menyasar Dusun Teluk Waru, Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, dengan melibatkan anggota SPK I yang melakukan patroli dialogis kepada warga masyarakat dan pedagang setempat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif kami untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Lembar,” ujar Ipda Joko Rudiantoro. “Kami tidak hanya melakukan patroli, tetapi juga berdialog langsung dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan masukan terkait potensi gangguan keamanan.”

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, Polda NTB, menambahkan bahwa patroli KRYD merupakan agenda rutin yang dilaksanakan secara intensif oleh Polsek Lembar. “Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan meningkatkan kehadiran polisi di tengah-tengah mereka,” ungkapnya.

Sasaran dan Hasil Patroli

Patroli KRYD kali ini menyasar beberapa titik strategis di Dusun Teluk Waru, termasuk pemukiman warga, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat keramaian lainnya. Selain melakukan pengawasan, petugas juga memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat, seperti pentingnya menjaga kewaspadaan terhadap potensi kejahatan, melaporkan kejadian mencurigakan kepada pihak berwajib, serta mengunci pintu dan jendela rumah saat ditinggalkan.

Hasilnya, situasi kamtibmas di Dusun Teluk Waru terpantau aman dan kondusif selama pelaksanaan patroli KRYD. Hal ini menunjukkan bahwa upaya Polsek Lembar dalam menjaga keamanan wilayahnya telah memberikan dampak positif.

Upaya Preventif Polsek Lembar

Patroli KRYD hanyalah salah satu dari sekian banyak upaya preventif yang dilakukan oleh Polsek Lembar untuk menekan angka kejahatan di wilayahnya. Beberapa langkah lain yang telah diambil antara lain:

  • Peningkatan patroli di daerah rawan kejahatan.
  • Pembentukan pos kamling di setiap dusun.
  • Sosialisasi kamtibmas kepada masyarakat secara rutin.
  • Kerja sama dengan tokoh masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.
  • Pemanfaatan teknologi seperti CCTV untuk pengawasan wilayah.

Dengan berbagai upaya tersebut, Polsek Lembar berharap dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh masyarakat di wilayah hukumnya.

Partisipasi Masyarakat

Ipda Joko Rudiantoro juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. “Kami mengajak seluruh warga Lembar untuk ikut berperan aktif dalam mencegah terjadinya tindak kejahatan. Laporkan segera jika melihat hal-hal yang mencurigakan kepada pihak kepolisian,” imbaunya.

Keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat antara kepolisian dan masyarakat, sehingga upaya menciptakan wilayah yang aman dan kondusif dapat terwujud secara optimal.

Polsek Lembar akan terus meningkatkan intensitas patroli KRYD dan berbagai upaya preventif lainnya untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Selain itu, Polsek Lembar juga akan menjalin komunikasi yang lebih intensif dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan masukan terkait potensi gangguan keamanan.

Dengan komitmen yang kuat dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, Polsek Lembar optimis dapat menciptakan wilayah yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh warga Lembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *