Berita

Satpolairud Polres Lombok Barat Perketat Keamanan Pesisir, Wisatawan Senggigi & Pelabuhan Lembar Aman!

×

Satpolairud Polres Lombok Barat Perketat Keamanan Pesisir, Wisatawan Senggigi & Pelabuhan Lembar Aman!

Share this article
Satpolairud Polres Lombok Barat Jaga Ketat Keamanan Pesisir

Lombok Barat, NTB – Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Lombok Barat terus meningkatkan intensitas pengamanan di wilayah pesisir Lombok Barat. Hal ini sebagai upaya preventif terhadap potensi kejahatan 3C (Curat, Curas, Curanmor) serta kejahatan lainnya. Terutama di kawasan wisata Senggigi dan Pelabuhan Lembar.

Senggigi: Fokus Patroli dan Edukasi Masyarakat

Iptu L. Nursidi, Kasat Polairud Polres Lombok Barat, menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan di Pos Airud Senggigi meliputi patroli intensif di sekitar pantai, dermaga, dan area pos. Selain itu, petugas juga aktif memberikan himbauan kepada pengunjung pantai untuk menjaga kebersihan. Membuang sampah pada tempatnya, dan selalu waspada terhadap perubahan cuaca.

“Kami juga mengimbau para nelayan yang hendak melaut untuk selalu melengkapi diri dengan alat keselamatan. Seperti pelampung dan life jacket, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu,” ujar Iptu Nursidi.

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, menambahkan, bahwa juga bahwa Satpolairud Polres Lombok Barat melakukan pengecekan rutin. Terhadap kesiapan Rubber Boat dan Kapal Patroli nomor lambung XXI – 1008. “Untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat,” ungkapnya.

Lembar: Patroli Pesisir dan Pemantauan Alut

Sementara itu, di Pos Airud Lembar, kegiatan pengamanan difokuskan pada patroli pesisir di Pantai Cemara dan Pantai Kupu-kupu. Petugas memberikan himbauan kepada pengunjung untuk berhati-hati saat beraktivitas di pantai dan mengingatkan orang tua untuk selalu mengawasi anak-anak mereka.

“Selain patroli, kami juga melakukan pengecekan terhadap posisi Alut Satpolairud Pos Lembar, memastikan Kapal XXI-2002, 2003, dan 1007 tertambat aman pada moringnya,” ungkap Iptu Nursidi.

Situasi Kamtibmas Kondusif

Berdasarkan laporan dari kedua pos, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah pesisir Lombok Barat terpantau kondusif. Tidak ada laporan terkait kejadian laka laut, illegal fishing, people smuggling, illegal mining, maupun bom ikan.

“Kami bersyukur situasi kamtibmas di wilayah pesisir Lombok Barat tetap kondusif. Hal ini tidak lepas dari kerja keras anggota Satpolairud dan dukungan masyarakat dalam menjaga keamanan bersama,” kata AKP I Gede Gumiarsana.

Komitmen Satpolairud Polres Lombok Barat

Iptu L. Nursidi menegaskan komitmen Satpolairud Polres Lombok Barat untuk terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan di wilayah pesisir. “Kami akan terus melakukan patroli rutin, memberikan himbauan kepada masyarakat, dan memastikan kesiapan sarana prasarana untuk menghadapi segala kemungkinan,” tegasnya.

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan wilayah pesisir Lombok Barat tetap aman dan kondusif, sehingga masyarakat dan wisatawan dapat menikmati keindahan alamnya dengan tenang dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *