Bali NusraBeritaBerita NTBBinkamDaerahEdukasiKLULombokLombok UtaraLotaraNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Kolaborasi Polri dan TNI di Dusun Kerakas: Sosialisasi Undang-Undang Perikanan Demi Kelestarian Laut

×

Kolaborasi Polri dan TNI di Dusun Kerakas: Sosialisasi Undang-Undang Perikanan Demi Kelestarian Laut

Share this article

Lombok Utara, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Segara Katon, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga, Serda Agung Wijaya bersama Bhabinkamtibmas, Brigadir Hadiantara mengikuti sosialisasi Undang-Undang Perikanan yang diselenggarakan oleh irektorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) di Dusun Kerakas, Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, NTB, Senin (1/7/2024).

 

Hadir dalam acara ini Wakil Dirpolairud Polda NTB, AKBP Kurnian Aidin, bersama 15 anggota Polairud Polda NTB. Selain itu, turut serta pula para nelayan Dusun Kerakas, Kepala Dusun (Kadus) Kerakas Fauzi.

 

Acara sosialisasi yang dipimpin oleh AKBP Kurnian Aidin ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para nelayan mengenai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. “Undang-Undang ini mengatur tentang kelautan, yang bertujuan untuk mendukung pembangunan kelautan secara optimal dan terpadu serta memberikan kepastian hukum dan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Kurnian Aidin menekankan pentingnya peran nelayan dalam menjaga laut dan ekosistemnya yang berkaitan dengan sumber daya ikan untuk pelebaran ekosistem dan pemulihan sumber daya ikan. “Dengan pemahaman ini, para nelayan diharapkan dapat ikut serta dalam menjaga kelestarian alam laut, mencegah pengrusakan terumbu karang, serta menghindari pembuangan limbah yang bisa mengancam kehidupan laut,” harapnya.

 

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para nelayan yang hadir. “Kami menyadari pentingnya menjaga laut demi kelangsungan hidup generasi mendatang dan berkomitmen untuk tidak melanggar hukum dalam upaya mereka melaut,” ujar Udin, salah seorang nelayan yang mingikuti kegiatan tersebut.

 

Babinsa Desa Segara Katon, Serda Agung Wijaya, dan Babinmaspol Brigadir Hadiantara juga mengapresiasi upaya Polairud Polda NTB dalam memberikan edukasi kepada masyarakat nelayan.

 

“Sosialisasi ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat nelayan tentang pentingnya menjaga lingkungan laut, sekaligus memperkuat hubungan antara aparat keamanan dengan masyarakat. Dengan adanya kolaborasi yang baik, diharapkan kelestarian laut dan kesejahteraan nelayan dapat terus terjaga,” ucap mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *