Berita

Dialog dan Edukasi: Polsek Sekotong Aktif Libatkan Masyarakat dalam Menjaga Keamanan

×

Dialog dan Edukasi: Polsek Sekotong Aktif Libatkan Masyarakat dalam Menjaga Keamanan

Share this article
Polsek Sekotong Perkuat Kamtibmas dengan Patroli Dialogis di Dusun Tawun

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong, sebagai bagian dari Polres Lombok Barat dan Polda NTB, kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pada Senin, 1 Juli 2024, Polsek Sekotong menggelar patroli dialogis di Dusun Tawun, Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya proaktif kepolisian dalam menjalin komunikasi, koordinasi, serta menyerap informasi langsung dari masyarakat terkait situasi kamtibmas.

Patroli Dialogis: Bukan Sekedar Rutinitas

Iptu I Ketut Suriarta, S.H., M.I.Kom., Kapolsek Sekotong, memimpin langsung kegiatan patroli ini. Tidak hanya sekadar berpatroli, anggota Polsek Sekotong juga aktif berdialog dengan warga Dusun Tawun. “Patroli dialogis ini bukan hanya rutinitas, tapi juga wadah bagi kami untuk mendengarkan langsung aspirasi, keluhan, dan informasi dari masyarakat. Dengan begitu, kami bisa lebih responsif dalam menjaga kamtibmas,” ujar Iptu Suriarta.

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, menambahkan, “Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata kehadiran Polri di tengah masyarakat. Kami ingin masyarakat merasa aman dan nyaman, serta tahu bahwa kami selalu siap membantu mereka.”

Patroli dialogis yang berlangsung hingga selesai pada pukul 12.00 Wita ini membuahkan hasil positif. Tidak ditemukan adanya hal-hal menonjol yang dapat mengganggu kamtibmas di wilayah Kecamatan Sekotong. “Situasi kamtibmas di wilayah kami terpantau aman dan kondusif. Ini berkat kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat,” ungkap Iptu Suriarta.

Bukan Hanya Patroli, Tapi Juga Edukasi

Selain berdialog, anggota Polsek Sekotong juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kamtibmas. Mereka mengajak warga untuk bersama-sama berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. “Kami tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam menjaga kamtibmas,” tegas Iptu Suriarta.

Kegiatan patroli dialogis ini mendapat sambutan positif dari warga Dusun Tawun. Mereka merasa senang dan lebih aman dengan kehadiran polisi di tengah-tengah mereka. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga Polsek Sekotong terus aktif menjaga kamtibmas di wilayah kami,” ujar salah seorang warga.

Patroli dialogis di Dusun Tawun hanyalah salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan Polsek Sekotong dalam menjaga kamtibmas. Mereka berkomitmen untuk terus hadir di tengah masyarakat, mendengarkan aspirasi mereka, dan memberikan pelayanan terbaik. “Kami akan terus bekerja keras untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Lombok Barat,” tutup Iptu Suriarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *