Bali NusraBeritaBerita NTBBinkamDaerahHealthKesehatanLombokMataramNewsNTBPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Kolaborasi Babinsa, Pemerintah Keurahan dan Puskesmas dalam Pemberantasan Nyamuk

×

Kolaborasi Babinsa, Pemerintah Keurahan dan Puskesmas dalam Pemberantasan Nyamuk

Share this article

Mataram, NTB – Dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Mataram Barat, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-05/Mataram, berkolaborasi erat dengan petugas dari Puskesmas Mataram. Mereka melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Lingkungan Karang Taruna, Kelurahan Mataram Barat, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Selasa (2/7/2024).

 

Koptu Nyoman Agus Setiawan, Babinsa Mataram Barat, menyatakan, “Kami bersama petugas Puskesmas Mataram melakukan pengecekan di beberapa titik rawan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui nyamuk. Ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dan lainnya.” Jelasnya.

 

Kegiatan tersebut diawali dengan pengecekan lingkungan sebelum proses pembersihan dilakukan, dilanjutkan dengan pemogingan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir penyebaran penyakit Demam Berdarah (DB). “Kami juga menghimbau seluruh warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama di tempat yang rawan menjadi sarang nyamuk,” tambah Koptu Nyoman Agus.

 

Petugas Puskesmas Mataram, Lina Yusiani, S.Kep., menambahkan, “Kami melakukan serangkaian langkah PSN di berbagai titik strategis sekitar masyarakat. Langkah-langkah ini meliputi pembersihan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, penggunaan larvasida, dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kami, berkomitmen untuk melindungi masyarakat kami dari ancaman penyakit yang ditularkan melalui nyamuk.” Tegasnya.

 

Lurah Mataram Barat, Sunarti, S.Adm., turut memberikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan oleh Babinsa dan Puskesmas. “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi ini dan mengajak seluruh masyarakat untuk aktif mendukung kegiatan PSN ini. Dengan upaya bersama, diharapkan lingkungan yang lebih sehat dan bebas dari ancaman penyakit dapat terwujud,” tutup Lurah Sunarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *