Berita

Polisi Sasar Titik Rawan Kriminalitas di Kediri dengan Patroli Blue Light Intensif

×

Polisi Sasar Titik Rawan Kriminalitas di Kediri dengan Patroli Blue Light Intensif

Share this article
Patroli Blue Light, Strategi Preventif Polsek Kediri

Lombok Barat, NTB – Polsek Kediri, Polres Lombok Barat, Polda NTB, terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukumnya. Pada Selasa dini hari, 2 Juli 2024, pukul 01.25 WITA, tim patroli Polsek Kediri kembali menggelar operasi “Blue Light” di sepanjang Jalan Bypass Bandara Internasional 2 Kediri.

Operasi yang dipimpin langsung oleh KSPKT III Polsek Kediri ini menggunakan kendaraan roda empat Kediri 01 dan berfokus pada metode observasi di area-area rawan kriminalitas.

Sasaran dan Strategi Patroli

AKP Jahyadi Sibawaih, S.H., Kapolsek Kediri, menjelaskan bahwa patroli Blue Light ini menyasar berbagai titik rawan seperti perumahan, perkantoran, gerai ATM, SPBU, dan lokasi-lokasi sepi lainnya. “Kami ingin memastikan bahwa situasi di wilayah Kediri tetap aman dan kondusif, terutama pada malam hari,” ungkapnya.

Tim patroli tidak hanya berfokus pada pencegahan tindak kriminal seperti pencurian (curat), perampokan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), tetapi juga pada potensi gangguan kamtibmas lainnya, termasuk balap liar.

“Dengan kehadiran polisi di jalanan, kami berharap dapat mengurungkan niat pelaku kejahatan dan memberikan rasa aman bagi masyarakat,” tambah AKP Jahyadi.

Pendekatan Preventif dan Responsif

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, menambahkan bahwa patroli Blue Light ini merupakan bagian dari strategi kepolisian yang menggabungkan pendekatan preventif dan responsif.

“Kami tidak hanya bereaksi terhadap kejadian yang sudah terjadi, tetapi juga berusaha mencegah terjadinya tindak kriminalitas. Patroli Blue Light ini adalah salah satu bentuk nyata kehadiran polisi di tengah masyarakat,” jelasnya.

Selain patroli rutin, Polsek Kediri juga aktif menjalin komunikasi dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai potensi gangguan kamtibmas. “Kami sangat mengapresiasi peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Informasi dari masyarakat sangat berharga bagi kami,” ujar AKP Gumiarsana.

Dampak Positif bagi Masyarakat

Operasi Blue Light yang digelar secara konsisten oleh Polsek Kediri telah memberikan dampak positif bagi masyarakat. Warga merasa lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas, terutama pada malam hari.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polsek Kediri atas upaya mereka dalam menjaga keamanan wilayah kami. Patroli Blue Light ini membuat kami merasa lebih tenang,” ujar salah seorang warga Kediri.

Komitmen Berkelanjutan

Polsek Kediri berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan bagi masyarakat. Patroli Blue Light akan terus digelar secara rutin dan intensif, dengan menyesuaikan strategi dan sasaran sesuai dengan perkembangan situasi kamtibmas.

“Kami akan terus bekerja keras untuk menjaga Lombok Barat tetap aman dan kondusif. Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” tutup AKP Jahyadi.

Dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi, Polsek Kediri telah membuktikan diri sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Lombok Barat. Patroli Blue Light adalah salah satu bukti nyata dari upaya mereka dalam mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *