Bali NusraBeritaBinkamKetahanan PanganLombokMataramNewsNTBPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Babinsa Gerung Bantu Petani Optimalkan Pengairan Sawah di Lombok Barat

×

Babinsa Gerung Bantu Petani Optimalkan Pengairan Sawah di Lombok Barat

Share this article

Lombok Barat, NTB – Di tengah teriknya matahari, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04 Gerung, Serda Iwan Febriawan, tampak sibuk membantu para petani di Dusun Embung, Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan. Mereka bersama-sama mengalirkan air menggunakan pompa air secara swadaya ke lahan sawah milik Pak Gunawan yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Karya Nyata, Rabu (3/7/2024).

 

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Babinsa dalam mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan produksi pertanian di wilayah binaannya. Dengan semangat gotong royong, Serda Iwan dan anggota Poktan Karya Nyata bahu-membahu memastikan sawah-sawah di wilayah tersebut mendapatkan suplai air yang memadai.

 

Pak Gunawan, salah satu petani yang merasakan langsung manfaat dari kegiatan ini, menyampaikan rasa terima kasihnya. “Kami sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. Pompa air swadaya ini benar-benar efektif dalam menyuplai air ke sawah kami, agar tidak kekurangan air selama masa tanam,” katanya.

 

Tidak hanya membantu dalam hal teknis, Serda Iwan Febriawan juga memberikan edukasi kepada para petani tentang teknik pengairan yang efisien dan pentingnya menjaga keberlanjutan sumber daya air. “Kami berharap, dengan kegiatan ini, para petani dapat mengoptimalkan penggunaan air dan meningkatkan hasil panen mereka,” ujar Serda Iwan.

 

“Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi para petani di Desa Kuripan Selatan, sekaligus mendukung tercapainya swasembada pangan di daerah kami,” ucap Kepala Desa (Kades) Kuripan Selatan Satriawan.

 

“Dukungan dan kerja sama antara Babinsa dan petani menjadi bukti nyata bahwa dengan gotong royong, segala tantangan bisa diatasi demi kesejahteraan bersama,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *