Berita

Sociotraveling, Melodi Peduli Mahasiswa IPB Guncang Desa Buwun Mas

×

Sociotraveling, Melodi Peduli Mahasiswa IPB Guncang Desa Buwun Mas

Share this article
Mahasiswa IPB Gelar Sociotraveling di Desa Buwun Mas

Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., melalui Bhabinkamtibmas Desa Buwun Mas, menghadiri dan memantau kegiatan “Melodi Peduli di Bumi Pertiwi Sociotraveling 2024” yang diselenggarakan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Buwun Mas pada Selasa, 2 Juli 2024, dan dihadiri oleh 40 mahasiswa IPB.

Sociotraveling adalah program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi daerah melalui sosialisasi dan kolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat setempat. Selama enam hari, mahasiswa IPB akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Buwun Mas.

Kemitraan untuk Kemajuan Desa

Kehadiran Bhabinkamtibmas dalam kegiatan ini menunjukkan dukungan penuh Polsek Sekotong terhadap inisiatif positif mahasiswa IPB. Selain itu, partisipasi ini juga merupakan bagian dari upaya Polsek Sekotong dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Desa Buwun Mas.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Sociotraveling yang dilakukan oleh mahasiswa IPB. Ini adalah bentuk nyata kepedulian generasi muda terhadap pembangunan desa. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Buwun Mas,” ujar Iptu I Ketut Suriarta.

Kepala Desa Buwun Mas juga menyambut baik kehadiran mahasiswa IPB. Ia berharap kegiatan Sociotraveling dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat desa untuk terus mengembangkan potensi yang ada.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa IPB yang telah memilih Desa Buwun Mas sebagai lokasi Sociotraveling. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi semua pihak,” kata Kepala Desa Buwun Mas.

Harmoni dalam Keragaman

Selama kegiatan Sociotraveling, mahasiswa IPB akan tinggal bersama masyarakat Desa Buwun Mas dan belajar tentang budaya, tradisi, serta potensi desa. Mereka juga akan berbagi pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki kepada masyarakat.

“Kami berharap dapat belajar banyak dari masyarakat Desa Buwun Mas. Kami juga ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan yang kami miliki untuk membantu memajukan desa ini,” ujar salah seorang mahasiswa IPB.

Kegiatan Sociotraveling ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara mahasiswa IPB dengan masyarakat Desa Buwun Mas. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kamtibmas.

Sinergi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Keberhasilan kegiatan Sociotraveling ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Polsek Sekotong, Pemerintah Desa Buwun Mas, dan masyarakat setempat. Sinergi antara semua pihak ini merupakan kunci penting dalam mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan.

“Kami berharap kegiatan Sociotraveling ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Lombok Barat. Kami juga berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa mendatang,” ujar Iptu I Ketut Suriarta.

Dengan adanya kegiatan Sociotraveling ini, diharapkan Desa Buwun Mas dapat menjadi desa yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera. Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Indonesia untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *