Binkam

Jumat Curhat Polsek Gerung, Warga Keluhkan Bau Sampah TPA Kebon Kongok

×

Jumat Curhat Polsek Gerung, Warga Keluhkan Bau Sampah TPA Kebon Kongok

Sebarkan artikel ini
Jumat Curhat Polsek Gerung, Warga Keluhkan Bau Sampah TPA Kebon Kongok

Gerung, Lombok BaratPolsek Gerung, Polres Lombok Barat, Polda NTB menggelar kegiatan Program Jumat Curhat Polri bersama warga RT.04 Dusun Egok Selatan, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat pada Jumat, 6 September 2024. Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WITA ini dihadiri oleh Ps. Kanit Binmas Polsek Gerung AIPTU Isa Haryadi, Bhabinkamtibmas Desa Sukamakmur AIPDA Burhanudin, Tokoh Masyarakat H. Ramli, serta warga setempat.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kanit Binmas Polsek Gerung yang menyampaikan harapan agar terjalin komunikasi yang baik antara kepolisian dan warga sehingga permasalahan di wilayah tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

“Diharapkan dalam kegiatan Jumat Curhat ini akan terbangun komunikasi antara Kepolisian dengan warga, sehingga apapun permasalahan di bawah bisa diselesaikan dengan baik,” ujar AIPTU Isa Haryadi.

Tokoh Masyarakat H. Ramli menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Jumat Curhat ini.

“Ucapan terima kasih kepada pihak kepolisian yang sudah hadir dan bersilaturhami dimana dengan kegiatan seperti ini akan mampu mempererat silaturahmi dan memudahkan komunikasi antara pihak Kepolisian dengan warga,” ungkapnya. Ia juga melaporkan bahwa situasi keamanan di Kebon Kongok saat ini sudah cukup aman dan setiap permasalahan selalu dikoordinasikan dengan Bhabinkamtibmas.

Namun, salah seorang warga, Sdri. Siti Rukyah, menyampaikan keluhannya terkait bau sampah dari TPA Kebon Kongok yang terbawa angin kencang saat cuaca panas.

“Biasanya saat cuaca panas disertai angin kencang akan menyebabkan baunya sampah yang ada di TPA Kebon Kongok yang sampai ke Dusun Egok,” keluhnya. Selain itu, ia juga mengeluhkan banyaknya sopir truk pengangkut sampah yang ngebut di jalan sekitar Desa Sukamakmur dan Dusun Egok, sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Menanggapi keluhan tersebut, Kanit Binmas Polsek Gerung menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan himbauan dan teguran kepada para sopir truk melalui Bhabinkamtibmas.

“Terkait dengan sopir truk sampah yang berkendara dengan ngebut, pihak Polsek Gerung akan melakukan himbauan dan teguran kepada para sopir melalui Bhabinkamtibmas,” jelasnya. Ia juga berharap adanya kerjasama dari warga setempat untuk mengingatkan para sopir agar tidak melaju kencang.

Terkait masalah bau sampah, Kanit Binmas menyampaikan keyakinannya bahwa pihak Desa dan TPA Kebon Kongok telah memiliki solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

“Kemudian dengan aroma atau bau sampah di TPA, Pihak Desa dan TPA Kebon Kongok pasti sudah mempunyai solusinya karena TPA tersebut sudah ada cukup lama dengan pengalaman dalam pengelolaan sampah yang sudah baik, sehingga ada upaya antisipasi dan solusi dari pihak TPA dalam penganganan bau sampah tersebut,” ujarnya.

Selain itu, memasuki musim kemarau, Kanit Binmas juga menghimbau seluruh warga untuk menjaga lingkungan dan tidak membakar sampah di lokasi yang dekat dengan pemukiman.

“Dihimbau juga memasuki musim kemarau, agar warga tidak membersihkan lahan dengan cara membakarnya,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bhabinkamtibmas Desa Sukamakmur juga menyampaikan himbauan kepada warga terkait Pilkada 2024.

“Memasuki tahapan dan menjelang pilkada 2024, agar masyarakat bekerjasama dan mendukung tugas Kepolisian dalam memelihara dan menjaga keamanan, agar masyarakat tidak terpecah belah karena perbedaan pilihan,” himbaunya.

Kegiatan Jumat Curhat Polri yang berlangsung hingga pukul 10.30 WITA ini berjalan aman dan lancar. Polsek Gerung berharap kegiatan ini dapat terus mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat serta menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi dan mencari solusi bersama terkait permasalahan di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *