Bali NusraBeritaBerita NTBLobarLombok BaratNTBNTB One TerkiniSinergitas Pemda TNI POLRITerkini

Babinsa Sandik Dampingi Petani Terima Bantuan Alat dan Pupuk

×

Babinsa Sandik Dampingi Petani Terima Bantuan Alat dan Pupuk

Share this article

Lombok Barat, NTB – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan memperkuat ketahanan pangan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sandik Sertu Ahmad Subawaeh, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-07/Gunungsari telah mengkoordinasikan pemberian bantuan alat pertanian dan pupuk kepada masyarakat petani Desa Sandik. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Sandik, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, ini menandai langkah maju dalam pembangunan pertanian berkelanjutan di wilayah tersebut.

“Pendistribusian alat pertanian dimulai dengan penyerahan 3.600 kg pupuk, 3 unit mesin pompa air, dan 1 unit hand traktor. Alat-alat ini diberikan kepada para petani yang dibiayai dari dana desa, yang dialokasikan melalui program ketahanan pangan. Inisiatif ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah desa terhadap masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan hasil panen dan mengurangi biaya operasional dalam pengolahan lahan,” tutur Sertu Ahmad Subawaeh, Babinsa Sandik, Rabu (8/5/2024).

Hadir dalam acara tersebut tokoh-tokoh penting seperti Camat Batulayar, perwakilan Komandan Koramil (Danramil) 1606-07/Gunungsari, Kepala Desa (Kades) Sandik, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Batulayar, perwakilan Polsek Batulayar, serta 22 orang perwakilan petani desa Sandik.

Sekretaris Camat Batulayar, H. Ahmad Syajidin, dalam sambutannya menekankan, “pentingnya perawatan alat pertanian agar dapat digunakan secara bergiliran dan tahan lama,” ucapnya.

Komandan Pos Ramil (Danposramil) Batulayar, Peltu Lalu Hilman, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Sandik yang telah berhasil memberikan bantuan berupa alat pertanian dan pupuk kepada Kelompok Tani (Poktan) Sandik Jaya.

“terima kasih kepada Pemdes Sandik yang telah membantu ketahanan pangan wilayah dengan penyerahan alat pertanian kepada Poktan Sandik Jaya, dan penyaluranam 3.600 kg pupuk ini. Semoga dengan bantuan ini para petani di Poktan Sandik Jaya dapat memperoleh hasil panen yang maksimal,” harap Danposramil Batulayar.

Kades Sandik, H. Adul Rahman mengungkapkan, “Dengan bantuan ini, diharapkan para petani Desa Sandik dapat berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan wilayah dan nasional. Kegiatan ini juga mencerminkan komitmen pemerintah dalam mendukung pertanian dan kesejahteraan petani,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *