Berita

Haru Biru Pelepasan 256 Calon Haji Lombok Barat, 80% Berisiko Tinggi Siap Berangkat ke Tanah Suci

×

Haru Biru Pelepasan 256 Calon Haji Lombok Barat, 80% Berisiko Tinggi Siap Berangkat ke Tanah Suci

Share this article
Pelepasan 256 Calon Haji Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Suasana haru menyelimuti Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat pagi ini saat 256 calon haji (JCH) Kabupaten Lombok Barat dilepas menuju Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji musim 1445 H/2024 M. Acara pelepasan kloter ke-9 ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Lombok Barat, H. Ilham, S.Pd, M.Pd, beserta jajaran pejabat daerah, tokoh agama, dan keluarga para calon haji.

Sebelum acara inti dimulai, para calon haji telah tiba sejak pukul 06.00 WITA untuk melakukan registrasi, pemeriksaan kesehatan, dan pengecekan obat-obatan. Tepat pukul 07.30 WITA, acara pelepasan resmi dibuka dengan sambutan dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat, Drs. H. Haryadi Iskandar, MH. Beliau menyampaikan harapan agar seluruh jamaah senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT selama perjalanan dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lombok Barat, H. Ilham, S.Pd, M.Pd, mengungkapkan bahwa 80% dari kloter ini termasuk dalam kategori risiko tinggi. Namun, beliau yakin bahwa dengan persiapan fisik dan mental yang matang, para jamaah akan mampu melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Beliau juga berpesan agar para jamaah mematuhi aturan yang telah ditetapkan, menjaga kesehatan, dan saling membantu selama berada di Tanah Suci.

“Kami berharap dukungan dan kebersamaan dari semua jamaah maupun petugas untuk saling membantu selama ibadah haji. Patuhi segala aturan yang telah disampaikan oleh para pembimbing haji, dan jadikan perhatian bersama untuk tidak merokok,” ujar Pj. Bupati.

Tak lupa, Pj. Bupati juga memohon doa untuk kemajuan dan kelancaran pembangunan di Kabupaten Lombok Barat. Acara dilanjutkan dengan doa bersama dan ucapan selamat kepada seluruh jamaah haji. Setelah itu, diberangkatkan menuju Asrama Haji dengan menggunakan 6 unit bus yang telah disediakan oleh panitia.

Kapolsek Gerung, AKP I Kadek Sumerta, SH, menyatakan bahwa Polsek Gerung turut aktif dalam pengamanan kegiatan pelepasan ini. “Kami menerjunkan sejumlah personel untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara, mulai dari pengaturan lalu lintas hingga pengawalan rombongan menuju Asrama Haji,” ujar Kapolsek. Beliau juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Polres Lombok Barat dan instansi terkait lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para calon haji selama berada di Lombok Barat.

Pelepasan calon haji Kabupaten Lombok Barat ini berlangsung aman, tertib, dan lancar berkat pengamanan dari gabungan anggota Polres Lombok Barat dan Polsek Gerung. Semoga seluruh calon haji dapat menunaikan ibadah haji dengan khusyuk dan kembali ke Tanah Air dengan membawa berkah bagi keluarga dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *