Bali NusraBerita NTBKetahanan PanganLobarLombok BaratNTBNTB One TerkiniSinergitas Pemda TNI POLRITerkiniTNI-Polri

Pemerintah Desa dan Babinsa: Menanam Harapan dengan Bibit Buah di Sekotong

×

Pemerintah Desa dan Babinsa: Menanam Harapan dengan Bibit Buah di Sekotong

Share this article

Lombok Barat, NTB – Dalam kolaborasi yang erat dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-06/Sekotong, mengambil langkah nyata menuju ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan dengan membagikan bibit pohon buah kepada masyarakat dusun se Desa Batu Putih Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Jum’at (24/5/2024).

Dalam keterangannya, Babinsa Batu Putih Serma Sukri menyatakan, “Pembagian dan penyerahan ini merupakan bagian dari program Dana Desa tahun 2024 yang bertujuan untuk memperkaya keragaman hayati dan meningkatkan kesejahteraan warga,” Ujarnya.

Serma Sukri, dengan penuh semangat memantau distribusi bibit tersebut. “Masing masing memperoleh sejumlah bibit, dengan rincian setiap dusun di Desa Batu Putih menerima 90 bibit buah-buahan yang terdiri dari : 15 pohon kelapa hibrida, 30 pohon nangka genjah, 20 pohon kelengkeng, 7 pohon jambu kristal, 14 pohon mangga impor, 6 pohon alpukat,” tambahnya.

Kepala Desa Batu Putih, Fajrin, S.Pd., mengungkapkan, “Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan ketersediaan buah segar bagi warga, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan. Pohon-pohon ini diharapkan akan tumbuh dan berbuah lebat, memberikan manfaat tidak hanya bagi generasi saat ini tetapi juga untuk masa depan yang lebih hijau,” harapnya.

Lukman Jayadi, Sekertaris Desa yang menyerahkan langsung bibit tersebut kepada Serma Sukri untuk di distribusikan ke warga menambahkan, “Kegiatan ini mencerminkan semangat gotong royong dan kerjasama antara pemerintah desa dan Babinsa, yang sebelumnya juga telah berkolaborasi dalam aksi bersih-bersih rumpun bambu di Desa Sekotong. Dengan kebersamaan ini, Desa Batu Putih menunjukkan bahwa langkah kecil dapat membawa dampak besar bagi masyarakat dan lingkungan,” ucapnya.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mendukung dan berpartisipasi dalam program-program serupa yang tidak hanya memperkaya keanekaragaman hayati tetapi juga memperkuat ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan kita,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *